Pendidikan Agama Untuk Anak

Seberapa tinggi ilmu pengetahuan yang anda berikan kepada anak, akan terasa kurang jika di dalam diri anak tidak anda tanamkan ilmu-ilmu agama. Apalagi di zaman yang semakin modern dan bebas ini, anak-anak akan semakin sulit untuk dipantau. Tanpa sebuah benteng pertahanan yang kokoh maka dapat dipastikan anak akan salah jalan. Meskipun anak tersebut pintar di sekolah dan berprestasi namun rentan terhadap pengaruh-pengaruh negatif.

Ilmu-ilmu agama akan membuat anak menjadi seseorang yang berkepribadian sopan dan paham terhadap aturan. Anak tersebut juga akan lebih mengerti mengenai mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan. Hal ini dikarenakan anak tersebut paham mengenai dosa, mengenal agama dan percaya dengan adanya Tuhan yang akan selalu mengawasi keberadaannya dimanapun dia berada. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi anda agar mengenalkan pendidikan agama kepada anak sejak usia dini.

Salah satu caranya adalah dengan mengajarkan dia mengenai surat-surat pendek di dalam Al Qur’an. Dengan terbiasa mendengar dan menghafal surat-surat Al Qur’an maka hati anak akan lebih tenang dan juga bersih. Dia akan menjadi seorang anak yang soleh atau solehah dan sayang kepada orang tua dan juga teman-temannya. Metode ini dapat dengan mudah anda lakukan sendiri di rumah.

Namun bagaimana jika anda berdua sibuk bekerja. Maka ada cara lain untuk hal tersebut yaitu dengan cara memasukkan anak ke sekolah-sekolah yang berlandaskan Agama Islam. Di sana anak akan diajarkan atau dikenalkan tentang ilmu-ilmu agama. Selain itu anak juga akan diajarkan masalah budi pekerti. Sehingga anak tersebut akan menjadi seorang anak yang tidak hanya pintar namun juga memiliki budi pekerti yang baik.

Namun, anda juga tidak boleh percaya 100 % dengan pendidikan di sekolah. Maksudnya di sini adalah anda juga harus melakukan review terhadap anak. Karena waktu di sekolah sangatlah terbatas. Sedangkan di rumah anak anda akan lebih banyak menghabiskan waktunya. Oleh karena itu pendidikan di rumah setelah pulang dari sekolah juga tidak kalah pentingnya.

Oleh karena itu, anda dapat mencari seorang penjaga anak yang memahami ilmu agama. Dia pastinya dapat membantu anda yang selalu sibuk dengan pekerjaan untuk mengulangi pelajaran yang didapat anak selama di sekolah. Pengulangan-pengulangan tersebut pastinya sangat bermanfaat bagi anak sehingga dia akan semakin memahami ilmu-ilmu baru yang dipelajarinya dari sekolah.

Pada saat ada hari libur, tunjukkan kepada anak bahwa anda juga peduli dengan hal-hal tersebut. Anda juga harus memberikan kasih sayang yang nyata dengan mengajak anak bermain sembari belajar. Misalnya pada saat anda memberikan kue kesukaan anak, maka anda harus mengingatkan anak untuk berdoa sebelum makan dan juga setelah makan. Ini akan menjadi sebuah ajang review yang menyenangkan bagi anak karena terkesan santai.

Tips Untuk Anda Memilih Universitas yang Terbaik

Melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah atau ke universitas memang harus untuk anda lakukan, dengan begitu anda akan semakin banyak mengetahui hal yang baru dengan belajar tersebut. Ketika anda telah memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi maka anda dapat fokus untuk belajar pada hal yang ingin anda pelajari.

Memilih universitas adalah hal pertama yang harus anda lakukan, kini sudah ada banyak sekali universitas terbaik yang ada di Indonesia tinggal anda saja yang menentukan, anda akan memilih universitas mana yang sesuai dengan minat anda.

ugm

Karena banyaknya universitas yang ada dan termasuk ke dalam universitas yang sangat terbaik, maka sebaiknya anda lebih pintar memilih dan menentukan akan melanjutkan pendidikan di mana nantinya. Jika anda merasa kesulitan dalam memilih dan menentukan universitas, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu tips apa saja yang terbaik dalam memilih dan menentukan universitas.

Tips untuk memilih universitas yang terbaik adalah sebagai berikut ini.

  1. Pilihlah terlebih dahulu beberapa universitas yang sesuai dengan minat anda. Pastikan anda memilih universitas yang terbilang cukup terbaik. Dengan begitu akan mempermudah anda dalam menyeleksi kembali universitas yang akan anda pilih.
  2. Setelah anda mempunyai pilihan maka selanjutnya adalah membandingkan pilihan anda. Maksud membandingkan disini adalah membandingkan kualitas dari universitas. Karena semua universitas tentunya mempunyai kualitas yang berbeda-beda.
  3. Lebih baik anda memilih universitas yang memiliki akreditasi terbaik, karena hal ini juga menentukan untuk karier anda nantinya. Tidak dipungkiri bahwa saat ini para pencari tenaga kerja menginginkan lulusan dari universitas yang memiliki akreditasi baik, karena sudah dapat dipastikan jika lulusannya pun lulusan terbaik.
  4. Pilih universitas yang memiliki tenaga pengajar terbaik. Jika kualitas tenaga pengajar baik maka sudah dapat dipastikan jika hasil pembelajaran yang akan anda dapatkan juga baik.

Itulah beberapa tips untuk memilih universitas terbaik bagi anda dan bisa anda coba sebagai rujukan anda dalam memilih dan menentukan akan masuk ke perguruan tinggi atau universitas mana.

Anak Meminta Untuk Dibuatkan Perahu Kertas

Pagi ini pada saat sedang bersantai di ruang teras, tiba-tiba anak laki-laki saya datang dan meminta saya agar mau mengajarkannya membuat sebuah origami perahu kertas. Wah ini adalah sesuatu yang mudah bagi saya dan segera saja saya buatkan sebuah origami perahu. Sang anak begitu gembira dan diapun mencoba untuk membuatnya sendiri. Mungkin ada 5 perahu kertas yang dibuatnya.

Kemudian dia pamit untuk bermain ke kali. Setelah saya memberikan izin, anak saya tersebut segera menuju ke kali untuk bermain bersama dengan teman-temannya. Tidak berselang lama yaitu hanya sekitar 30 menit anak tersebut telah pulang ke rumah. Wah ini tidak seperti biasanya karena biasanya anak akan pulang ke rumah setelah bermain selama paling cepat 2 jam. Pasti ada sesuatu hal yang membuat dia terpaksa pulang cepat. Mungkin karena dia sakit perut atau alasan yang lainnya.

Kemudian untuk memastikan jawaban yang tepat saya segera menanyakan hal tersebut kepada anak, ada gerangan kok dia pulang cepat. Kemudian dia menceritakan permasalahannya. Inti dari ceritanya adalah perahu kertas yang dibuat udah kuno dan mudah sekali untuk tenggelam. Karena itu dia ingin diajarkan untuk membuat perahu kertas yang menarik dan unik.

Aduh apa yang saya harus lakukan, karena saya hanya dapat membuat satu desain perahu kertas. Apakah ada desain lainnya yang lebih ok ? Akhirnya setelah sebentar merenung saya teringat pesan saudara saya bahwa saat ini semua informasi dapat dicari dengan mudah melalui internet. Tanpa berpikir terlalu lama langsun saja saya coba berselancar di dunia internet hingga akhirnya menepi pada sebuah website yang membahas cara membuat origami perahu keren.

Saya buka website tersebut dan saya pahami isinya. Wah ternyata tidak sulit untuk membuatnya dan hasilnya juga ok banget. Langsung saja saya bilang kepada anak, sebentar nak, ayah akan mempelajari cara membuat origami perahu keren. Setelah sekian menit mencoba dan telah menghabiskan 3 kertas akhirnya saya berhasil juga. Yeyyy teriak anak, keren banget ayah perahu kertasnya dan desainnya juga lebih baik.

Oke, kalau begitu ayo kita buat lagi bersama-sama. Langsung saja sang anak ikut untuk membuat perahu kertas tersebut. Dan akhirnya kami berhasil membuat hingga 8 perahu kertas keren. Kemudian sang anak segera pamit untuk menuju ke kali. 3 jam kemudian menjelang waktu tengah hari anak pulang ke rumah sembari tersenyum. Dia mengatakan bahwa perahu kertasnya keren banget dan dapat berlayar cukup jauh meskipun terkena arus sungai. Teman-teman juga suka dengan perahu tersebut dan meminta saya untuk memberitahukan cara membuat perahu kertas keren tersebut. Hm… syukurlah kalau begitu, yang pasti saya juga senang karena melihat anak bahagia.

Contoh Buku Diary dan Cara Penulisannya

Mulai-mulai mafhum tidur hingga tidur lagi, meruah sekali keahlian serta perkara dan insiden yang berlangsung pada seseorang. kepandaian itu sangat beragam, ada yang menggemberikan, kering, menggelitik, memerihkan, atau mengecewakan.

Seluruh peristiwa beserta pengalaman tersebut dapat dituangkan dalam buku koran. jadi apa yang contoh daftar pustaka dimaksud oleh buku harian? seperti apa aturan mendatangkan buku surat kabar yang cakap? sesuai apa ilustrasi buku harian yang baik? apa khasiat buku harian?

Semua pertanyan di berlandaskan tentu kita selidik pada postingan kali ini. pembahasan ini berbobot atas sampel buku surat kabar, teknik mencatat buku harian, khasiat mencatat buku surat kabar lalu langkah-langkah menulis buku koran.

Pemahaman buku surat kabar

Buku harian yakni peringatan pribadi yang mengandung atas kepandaian beserta peristiwa yang dirasakan yang perilakunya rahasia sama gaya penulisan yang tidak memesona (selamat).

Isi dari buku koran itu satu orang sanggup menuntungkan semua rupa rasa lalu pengalamannya di dalam buku koran itu baik berwujud perasaan sengang, sedih, naik setum, kasih, jengkel, cinta, serta lain-lain.

Lantaran berkepribadian langgas, kemudian orang lain enggak bisa membaca buku harian itu eksepsi atas seijin yang memiliki.

Kebaikan mencatat buku surat kabar

Tengah mengobrol atas manfaat, pastinya namanya buku pemberitahuan koran satu orang tentu meruah membagikan manfaat, diantara;

Buat memandang insiden ataupun kemahiran pribadi menghasilkan buku surat kabar bagai materi evaluasi dalam berjumpa hidupnya yang tentu muncul melahirkan buku pemberitahuan surat kabar bagai pelajaran buat sanggup jadi pribadi yang lebih bagus.

Biasanya buku koran bakal membuat setia usaha alias pemiliknya merasa sejuk sesudah menulis semua uneg-uneg yang dalaminya, lamun tak dikenal orang lain.

Aturan menulis buku koran yang bagus

Akibat buku harian (diary) ini yakni memo pribadi enggak bakal konsumsi normal, sesungguhnya enggak terdapat aturan yang formal, sehingga per orang merdeka memilah gaya bahasa dan wujud dari buku hariannya masing-masing.

Namun begitu, setidaknya pedoman mencatat buku koran berikut ini dapat dijadikan selaku anutan dalam penulisan buku harian terutama untuk yang hangat hendak berusaha membuatnya.

Penyusunan buku koran tiada mesti memanfaatkan ayat yang baik, satu orang bisa menulis sama memanfaatkan ‘bahasa gaul’. buku koran acap kali ditulis menggunakan perkataan ekspresif yang instingtif keluar dari fikiran dan perasaan yang dalam.

Langkah-langkah mencatat buku koran

Bakal mencatat buku harian, paling tidak mampu menyertakan perihal selanjutnya ini;
area
saat
kasus ataupun pengetahuan
perasaan yang ditempuh

ilustrasi buku surat kabar

contoh pertama

bandarlampung, 29 april 2015
diary
hari ini aku sebel banget sepadan seorang. gimana aku nggak sebel, dirinya itu orangnya sombong sangat sih. bayangin aja, aku udah serius memanggil beserta menyerahkan senyuman tetapi ia mengapa malah enggak acuh lalu pergi seperti itu saja.

diary
kog ada ya orang yang seperti itu. apa bersikap ringan mulut pada orang lain itu sulit? kayaknya tak deh. apabila dirinya tak bisa ringan lidah dan gak pernah senyum, siapa seandainya yang mau berkarib sama dia? apa beliau enggak pengin kepunyaan meluap sahabat?

diary ….
pokoknya aku enggak kepingin lagi menamai ia. biarin saja dirinya enggak mempunyai teman, lagian siapa yang butuh kawan seperti dia? sebel deh!

sampel kedua

jakarta, 1 mei 2015
hari ini terlihat peristiwa lucu lalu memberi malu yang aku alami. modalnya aku enggak akan telah lupa bersama perihal itu.

ceritanya sejenis ini, sedianya senja aku diharuskan biyung pergi berbelanja ke mall. berlebihan sekali barang yang patut dibeli, mamanda lalu bibi kan esok minggu mau tampak. setelah nyaris 2 jam berbelanja, saya mulai menggabai lalu merasa lapar. aku juga membujuk bunda ke kfc dulu buat makan. ma, marilah anda ke kfc dulu! udah lapar nih, ajakku sambil pergi. namun bunda menanggapi, sejenang, suka. sekejap benar!

karena aku suah kelaparan, tangan emak pun saya eret seraya bercakap, modalnya anda makan dulu! aku mengikuti suara mami bersuara, buah hati, kalian hendak ke mana? tapi saya apatis saja, yang utama makan. tetapi, kenapa suara bunda pecah kian jauh ya? lantaran penasaran, saya menoleh ke belakang. oh my god! bagaimanapun juga kagetnya saya karena orang yang saya tarik ternyata tak mami. aduh, rasanya saya malu banget terutama banyak orang menyaksikan saya sembari mengalangi senyum.

bunda yang menatap tingkahku pula tersenyum seraya menghampiriku. makanya, andaikan kepingin narik-narik itu tilik dulu. janganlah asal hunus aja. memangnya kamu mau ganti biyung anyar betul? menggonjak mami kepadaku. aku juga cukup mesem sambil menyekat malu. ya, ampun! penyulut kelaparan, malu deh saya.

contoh ketiga

mergat, kamis, 7 mei 2015
hari ini saya berjumpa kawan lamban. senang sekali deh rasanya, soalnya suah lelet saya tidak mendengar berita perihal dia.

enau, jumat, 8 mei 2015
hore! hari ini ulanganku paling tinggi di golongan. tak lancut deh semalam melancarkan.

aren, sabtu, 9 mei 2015
menyabet sekali hari ini. ramai tugas yang harus dikerjakan.

atap, minggu, 10 mei 2015
hari isi sangat kering. enggak terdapat kejadian memincut yang terjalin hari ini.

aren, senin, 11 mei 2015
aduh! hari ini aku dihukum akibat tertinggal masuk pondok pesantren. lantaran terlalu asyik nonton tv semalam, aku terbuka berdiri terlalai.

mergat, selasa, 12 mei 2015
hari ini aku berbalik maktab lebih dini, soalnya memiliki pertemuan instruktur di bersekolah. riang deh!

atap, rabu, 13 mei 2015
enak! hari ini saya lalu teman-teman pergi ke tegal hewan.